Loading

wait a moment

Menciptakan Desain Rumah Toko yang Efektif

Sepertinya sudah hal yang biasa ditemui bila Anda pernah melihat sebuah rumah difungsikan pula sebagai tempat usaha. Biasa disebut dengan rumah toko atau RUKO. Namun beberapa konsekwensi dari rumah toko harus sudah diantisipasi sebelumnya dengan cara membuat desain rumah toko secara efektif.

Pengertian Rumah Toko (Ruko)

Rumah Toko atau disingkat dengan RUKO telah menjadi hal yang lumrah ditemui. Dengan adanya pergeseran nilai ‘bekerja dan berkarya’ yang tidak selalu harus dilakukan di kantor. Maka trend yang berkembang adalah gerakan work from home.

Kejelian para broker atau pengembang dalam melihat peluang ini adalah dengan dirancangnya sebuah rumah impian bagi Anda yang menginginkan tetap bekerja dari rumah atau bekerja di rumah; hingga muncullah istilah rumah toko atau ruko ini.

Merancang Desain Rumah Toko

Pada prinsipnya hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang rumah toko adalah kenyamanan. Karena kenyamanan adalah kunci utama dalam menggabungkan dua fungsi – yakni toko dan rumah tempat tinggal ke dalam satu wadah.

Dan hal lain yang juga jangan sampai luput dari perhatian Anda adalah akses yang mudah antara ruang privasi dengan ruang usaha atau publik. Sehingga tidak saling mengganggu sinergis fungsi ruang masing-masing.

Ketepatan dalam menciptakan desain rumah toko adalah hal yang mesti Anda pertimbangkan. Agar tidak terjadi kemubaziran pada saat bisnis atau usaha Anda sudah berlangsung. Ada baiknya bila Anda berkeingin untuk membuka usaha atau berbisnis dari rumah, maka desain rumah toko Anda sudah dipersiapkan dari sebelum Anda mulai membangun rumah.

Pembagian Antar Ruang

Adapun pemisahan ruang-ruang yang ada – bila Anda akan mengalihfungsikan rumah yang sudah terbangun menjadi rumah usaha harus dilakukan dengan cermat. Misalnya menggunakan ruang-ruang yang tidak terlalu sering dipakai. Ruang-ruang seperti teras, halaman rumah, garasi atau carport, pavilion dan loteng rumah – terkadang dapat diubah menjadi sebuah ruang usaha yang Anda inginkan.

Namun apabila Anda telah membuat konsep atau desain rumah toko yang Anda mimpikan pada saat Anda tengah membangun rumah Anda, itu akan lebih sangat efektif lagi.

Intinya adalah keberhasilan Anda dalam memanajemen ruang tergantung pada beberapa hal berikut. Yakni : desain dan konsep gambar, pembagian ruang dan perencanaan pembangunan. Sehingga tidak terjadi pembangunan rumah yang sia-sia dengan terhamburnya material dan uang Anda hanya karena salah perencanaan dan salah desain.

Jenis-Jenis Desain Rumah Toko

Sebuah rumah selain dijadikan sebagai tempat usaha, bahkan kadang-kadang apabila luasan rumah dan ruangnya memungkinkan dapat berfungsi untuk lebih dari satu atau dua usaha. Semua itu dapat saja mungkin terjadi, asalkan Anda siap dengan segala konsekwensinya.

Berikut adalah beberapa jenis desain rumah toko yang dapat Anda jadikan ide bagi usaha Anda. Antara lain :

  1. Paviliun sebagai sanggar Seni
  2. Rumah warisan sebagai Rumah Kost mahasiswa
  3. Carport sebagai warung internet
  4. Loteng rumah dengan plafon tinggi sebagai studio desain
  5. Garasi dijadikan distro, dan sebagainya.

Konsekuensi dan Tips

Bila Anda sudah merasa yakin dengan keinginan Anda untuk membuat dan merencakan sebuah desain rumah toko demi kelancaran bisnis dan usaha Anda. Maka ada baiknya Anda perhatikan beberapa konsekuensi dalam melakukan bisnis dari rumah. Antara lain :

Pembagian waktu yang efektif antara urusan pribadi dan usaha
Pemakaian ruang secara konsekwen dan tegas tanpa mencampur adukkan fungsi ruang
Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan sebuah desain rumah toko yang efektif. Yaitu :

Jadikan kenyamanan sebagai kunci utama dalam pembuatan konsep desain rumah toko
Buat akses yang berbeda untuk menuju ke ruang usaha dan ke ruang pribadi
Bila rumah cukup mungil atau ruangnya sempit, sementara Anda tetap berkeras menginginkan sebuah ruang usaha, maka siasati dengan memberi batasan atau teritori yang tegas. Contohnya : dengan menempatkan partisi atau bidang massif permanen.

Meski tujuannya adalah melakukan penghematan dengan berkantor di rumah, namun Anda tetap mencadangkan keperluan pemeliharaan rumah dan toko dengan budget yang berbeda.
Buatlah desain rumah toko yang cukup eye catching agar usaha Anda berhasil, terutama pada akses masuknya

Perhatikan keamanan anggota keluarga. Karena dengan menjadikan rumah sebagai tempat usaha, maka otomatis akan sangat mungkin Anda berhubungan dengan banyak orang/kolega/client Anda.

Similar Posts: