Memilih Semen Mortar untuk Plester

Semen menjadi material bangunan yang penting untuk setiap proyek konstruksi, baik dalam skala besar maupun kecil. Semen berfungsi untuk memperkukuh struktur bangunan. Seiring perkembangannya produk semen terus berkembang, selain sebagai material campuran beton, ada pula semen instan yang memiliki banyak kelebihan.

Salah satunya adalah semen mortar yang merupakan jenis semen yang langsung dapat diaplikasikan tanpa perlu adanya campuran material tambahan. Semen instan mortar ini dapat diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan seperti memasang batu bata, aci dinding, plester, pasang keramik dan masih banyak lagi.

Karenanya penggunaan semen instan untuk konstruksi merupakan pilihan yang sangat tepat. Namun seringkali konsumen salah dalam memilih, lalu mendapatkan semen mortar tidak dalam kualitas terbaik.

Beberapa Tips Memilih Semen Mortar untuk Plester

Semen mortar memiliki beberapa macam jenis dengan fungsi berbeda. Satu di antaranya adalah semen mortar plester. Mortar plester banyak digunakan para developer untuk membangun konstruksi di skala besar. Pemilihan produk mortar untuk plester dinding sebab dipercaya lebih kuat dan kokoh.

Namun perlu berhati-hati salah memilih produk mortar plester yang masih dalam kondisi kualitas terbaik dengan yang jelek. Berikut pilihan semen mortar yang baik.

  • Berlogo SNI

Produk semen mortar telah berstandar nasional atau SNI. Begitu pula pada produk mortar plester telah memiliki standar nasional atau SNI. Guna mendapatkan standar SNI ini, produk mortar telah melalui uji kualitas yang ketat. Dapat memperoleh kelayakan dalam standar ini memperlihatkan kelayakan mortar sebagai produk berkualitas.

Produk mortar plester telah memiliki spesifikasi layak untuk beragam kebutuhan seperti untuk proses plester dinding dan bagian lainnya. Jadi pastikan produk mortar yang Anda beli terdapat logo SNI.

Pada dasarnya, kualitas semen mortar plester berkurang dikarenakan jangka waktu produksi dengan pemakaian. Karenanya lebih baik Anda melakukan pengecekan dalam setiap pembelian produk. Apakah produk diproduksi dalam waktu belum lama atau sudah cukup lama. Pastikan jangan sampai Anda mendapatkan semen dengan usia cukup lama sekalipun melalui proses distribusi dan penyimpanan.

Usia produksi juga dapat dilihat dari kondisi kemasan produk.  Kesempurnaan kemasan semen dapat dijadikan acuan sebab mortar semen memiliki standar kualitas kemasan. Sehingga ketidaksempurnaan kemasan dapat menjadi acuan kualitas semen.

  • Penyimpanan Semen Mortar yang tidak baik

Akan baik jika Anda melihat gudang penyimpanan semen untuk melihat kelayakan gudang. Kualitas semen dapat berkurang jika tidak disimpan dalam kondisi yang tepat. Khususnya memang pada produk plester dinding.

Tempat penyimpanan yang baik adalah sesuai kriteria yang baik. Utamanya tempat tidak boleh terlalu lembab. Sebab perubahan suhu akan membuat tekstur semen menjadi kurang baik.

  • Pastikan Tekstur dan Warna Semen

Memastikan produk Mortar plester yang Anda beli masih memiliki kualitas terbaik dapat dilihat melalui tekstur dan warna semen. Ada baiknya sebelum membeli dalam jumlah besar, Anda terlebih dahulu mencoba sedikit untuk melihat tekstur dan warna semen. Atau Anda dapat membeli produk eceran mortar guna memastikan kualitas semen plester.

Semen mortar plester dikatakan dalam kualitas yang baik jika memiliki tekstur lebih lembut atau lebih mirip butiran debu, sangat halus. Jangan beli semen yang memiliki tekstur sedikit membatu atau keras.

Kemudian untuk warnanya terlihat abu-abu dan ada unsur warna kehijauan. Jika warna semen mortar plester yang Anda beli terlalu gelap, kualitasnya sudah berkurang. Sebab beberapa kandungan penting di dalam mortar dapat dipastikan sudah tidak bekerja secara maksimal dalam proses plester.

Similar Posts:

Similar Posts